Telinga kiri Ayumi tak bisa mendengar


Ratu pop Jepang, Ayumi Hamasaki, mengungkapkan telinga kirinya kini tuli, namun bertekad akan terus berkarier dan akan meneruskan rencananya menggelar pertunjukan keliling Asia.


Penyanyi berusia 29 tahun itu, yang merupakan penyanyi paling laris di Jepang dengan 28 lagunya menduduki puncak tangga lagu dan hampir 50 juta albumnya terjual, menulis dalam blog miliknya bahwa telinga kirinya "tidak berfungsi lagi" dan tak bisa diperbaiki.


Ia mengetahui kondisi yang dialaminya sejak pergi ke dokter THT tahun lalu, demikian menurut laman web-nya. Hamasaki, yang lebih dikenal dengan panggilan "Ayu" di kalangan penggemarnya di Asia, diduga menderita tinnitus, yakni suara yang terus berdengung di telinganya akibat sering terpapar bunyi-bunyian yang keras.


Tinnitus juga dialami Ludwig van Beethoven, komponis tuli terkenal Jerman. "Meskipun begitu, saya ingin terus menjadi penyanyi. Saya ingin terus bernyanyi sampai batas kemampuan telinga kanan saya yang tersisa," tulisnya, seperti dikutip media Jepang.


"Saya tak akan pernah berhenti. Saya tak ingin membuat alasan. Sebagai profesional, saya ingin tampil sebaik mungkin untuk setiap orang, tulisnya akhir pekan lalu.


Hamasaki tampil bulan lalu pada lomba nyanyi televisi Malam Tahun Baru yang diselenggarakan setiap tahun dan ditonton secara luas dan disiarkan jaringan publik NHK.

Sumber: Kapanlagi.com

0 comments:

Post a Comment

Makasih yah kalau uda mau kasih comment^^
Kritik dan Saran Diterima kok^^

 
 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...